Jumat, 06 Desember 2019

TINGKAT PELAYANAN PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI

TINGKAT PELAYANAN PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI 


Dimensi tingkat pelayanan kesehatan gigi, dapat dlakukan berdasarkan lima tingkat pencegahan (five levels of prevention) dari Leavel dan Clark sebagai berikut : 


1. Promosi Kesehatan (health promotion) Pada tingkat ini PKG diperlukan untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dengan penyuluhan kesehatan, gosok gigi masal, dsb. 


2. Perlindungan khusus (specific protection) Program ini termasuk pembersihan karang gigi, pemberian topikal aplikasin fluor, fissure sealent, menggosok gigi setelah makan dsb. 


3. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and prompt treatment) Dengan cara kontrol rutin kesehatan gigi ke tepat pelayanan kesehatan, atau apabila di posyandu terdapat UKGM maka akan lebih udah dala pengontrolan kesehatan gigi (untuk kasus ini lebih ke ibu dan anak balita) 


4. Pembatasan cacat (disability limitation) Pada tahap pengobatan seperti pencabutan gigi, pulpa capping, penambalan pada gigi yang sudah berlubang dan sebagainya. 


5. Rehabilitasi (rehabilitation) Upaya pemulihan atau pengembalian fungsi dan bentuk sesuai dengan aslinya seperti pembuatan gigi tiruan. 


Dengan pencegahan - pencegahan tersebut, kita sebagai tenaga kesehatan gigi dapat membantu pemerintah untuk mendukung beberapa isu pembangunan kesehatan sehingga dapat meminimalisir kasus - kasus keehatan agar tidak lebih parah.

Level of Prevention

Sumber :
Buku Ajar Pendidikan Kesehatan Gigi oleh drg. Siti Nurbayani T., M.KM. dkk (2019)

0 komentar:

Posting Komentar